Teknik Sablon Cerah dengan Benar, Dijamin Berkualitas

Niki Thalia

teknik sablon cerah

Ads - After Post Image

Sablon merupakan teknik sablon yang populer untuk berbagai keperluan, mulai dari kaos, tote bag, hingga spanduk. Salah satu tren yang sedang populer saat ini adalah penggunaan teknik sablon cerah sehingga menghasilkan desain yang mencolok dan menarik perhatian.

Artikel ini akan mengupas tuntas teknik sablon cerah, mulai dari jenis tinta yang digunakan, teknik sablon, hingga tips dan trik untuk mendapatkan hasil sablon kaos yang optimal.

 

Jenis Tinta Teknik Sablon Cerah

teknik sablon cerah

Tinta sablon merupakan faktor kunci dalam menghasilkan cetakan yang cerah dan menarik. Berikut beberapa jenis tinta yang bisa digunakan untuk teknik sablon cerah:

1. Tinta Plastisol

Tinta plastisol merupakan jenis tinta yang paling umum digunakan untuk sablon. Tinta ini tahan lama, mudah diaplikasikan, dan menghasilkan warna cerah. Tinta plastisol tersedia dalam berbagai warna, termasuk warna neon yang berani.

2. Tinta Berbasis Air

Tinta waterbase merupakan salah satu jenis tinta yang ramah lingkungan dan aman digunakan pada kain katun. Tinta ini menghasilkan cetakan halus dan lembut dengan warna cerah.

Namun tinta waterbase tidak tahan lama dibandingkan tinta plastisol dan memerlukan perawatan khusus.

3. Tinta Discharge

Pelepasan tinta bekerja dengan mengubah warna kain di area sablon. Ini menghasilkan efek sablon yang menyatu dengan kain dan terlihat lebih natural. Tinta pelepas cocok untuk digunakan pada kain berwarna terang.

Teknik Sablon Cerah yang Benar

Selain jenis tinta, teknik sablon juga berperan penting dalam menghasilkan cetakan yang cerah. Berikut beberapa tips teknik sablon cerah:

1. Gunakan Saringan yang Halus

Filter yang halus akan menghasilkan cetakan yang lebih detail dan rapi. Gunakan filter dengan jumlah mesh minimal 120 untuk hasil terbaik.

2. Atur Ketebalan Tinta

Ketebalan tinta yang ideal akan menghasilkan cetakan yang cerah dan tidak pecah. Pastikan tintanya tidak terlalu tebal atau terlalu tipis.

3. Lakukan Penyembuhan Flash

Flash curing adalah proses memanaskan sebentar tinta sablon sebelum dilakukan sablon selanjutnya. Flash curing membantu mencegah tinta meleleh dan menghasilkan cetakan yang lebih cerah.

4. Gunakan Mesin Press yang Berkualitas

Mesin press yang berkualitas akan menghasilkan tekanan yang merata dan memastikan tinta sablon menempel sempurna pada kain.

Tips untuk Mendapatkan Hasil Sablon Cerah

teknik sablon cerah

Berikut beberapa tips dan trik untuk mendapatkan hasil sablon terang yang optimal:

1. Gunakan Kain Berwarna Terang

Kain berwarna terang akan menghasilkan cetakan yang lebih cerah dan mencolok dibandingkan kain berwarna gelap.

2. Rawat Kainnya Terlebih Dahulu

Pra-perawatan adalah proses pembersihan dan pelapisan kain sebelum sablon. Hal ini membantu tinta sablon menempel lebih baik dan menghasilkan cetakan yang lebih cerah.

3. Lakukan Curing Setelah Sablon

Curing adalah proses memanaskan tinta sablon agar permanen. Curing membantu tinta sablon bertahan lebih lama dan tidak mudah luntur.

 

Teknik sablon cerah menjadi pilihan tepat untuk menghasilkan desain yang mencolok dan menarik perhatian. Dengan mengikuti panduan di atas maka Anda bisa menghasilkan hasil sablon cerah yang berkualitas dan tahan lama.

Pastikan bahwa Anda menggunakan tinta yang sesuai, seperti tinta plastisol untuk daya tahan dan warna cerah, tinta waterbase untuk ramah lingkungan dengan hasil yang halus, atau tinta discharge untuk efek yang menyatu dengan kain, Anda akan mendapatkan hasil sablon kaos yang berkualitas. 

Bagikan:

Ads - After Post Image

Tags

Avatar photo

Niki Thalia

Niki Thalia memiliki latar belakang di bidang jurnalisme dan desain grafis, yang memberinya keunggulan dalam menginterpretasikan tren dan menerjemahkannya menjadi konten visual yang menarik.