Bukan Hanya Nasi Goreng! 10 Makanan Asli Nusantara Ini Akan Membuat Anda Ketagihan!

Niki Thalia

kuliner nusantara

Ads - After Post Image

Halo, Sobat Kuliner!

Indonesia, negeri yang kaya akan keberagaman budaya, termasuk dalam hal kuliner. Jika Anda pikir nasi goreng saja yang enak, Anda salah besar! Ada begitu banyak makanan asli Nusantara yang siap membuat Anda ketagihan. Ingin tahu lebih banyak? Mari kita bahas 10 makanan asli Nusantara yang menggugah selera!

kuliner nusantara

1. Soto Betawi

Soto Betawi adalah sajian sup khas Betawi yang menggunakan santan dalam kuahnya. Daging sapi, kentang, tomat, dan kacang kedelai direbus dengan bumbu rempah yang kaya, menghasilkan aroma dan rasa yang luar biasa.

Baca Juga : Tempat Pesan Nasi Box Paling Populer di Jakarta

2. Pempek Palembang

Pempek adalah hidangan khas Palembang yang terbuat dari ikan tenggiri yang digiling dan dicampur dengan tepung sagu. Pempek ini biasanya disajikan dengan kuah cuko yang pedas dan asam, menciptakan kombinasi rasa yang unik.

3. Rendang Padang

Rendang Padang adalah masakan daging sapi yang dimasak dalam santan dan rempah-rempah khas Minangkabau. Rendang ini terkenal dengan kelezatan daging yang empuk dan bumbu yang meresap hingga ke dalam daging.

4. Ayam Bakar Taliwang

Ayam Bakar Taliwang adalah hidangan ayam bakar khas Lombok yang dimasak dengan bumbu pedas khas Lombok. Daging ayam yang empuk dan bumbunya yang meresap membuatnya menjadi hidangan yang selalu dinantikan.

5. Es Doger

Es Doger adalah minuman es khas Bandung yang terbuat dari campuran santan, gula merah, kelapa parut, cincau, ketan hitam, dan es serut. Rasanya yang manis dan segar cocok untuk disantap di siang hari yang panas.

6. Papeda

Papeda adalah makanan khas Papua yang terbuat dari sagu yang dimasak hingga kental. Papeda biasanya disajikan dengan ikan tongkol atau mubara yang dimasak dalam kuah kuning khas Papua.

7. Martabak Manis

Martabak Manis adalah kue lembut dan berlapis yang terbuat dari adonan tebal yang diisi dengan cokelat, keju, atau kacang. Martabak ini biasanya disajikan dengan tambahan margarin dan meses di atasnya.

8. Sate Maranggi

Sate Maranggi adalah sate daging khas Sunda yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu khas, seperti ketumbar, kunyit, dan jahe. Sate ini disajikan dengan sambal kecap yang pedas.

9. Gudeg

Gudeg adalah masakan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan gula merah. Gudeg biasanya disajikan dengan nasi, telur rebus, ayam suwir, dan sambal goreng krecek.

10. Sambal Matah

Sambal Matah adalah sambal segar khas Bali yang terbuat dari irisan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, dan serai yang dicampur dengan air jeruk nipis. Sambal ini sangat cocok disajikan dengan ikan bakar atau ayam goreng.

Baca Juga : Catering Prasmanan Murah

Itulah 10 makanan asli Nusantara yang akan membuat Anda ketagihan! Mulai dari rasa yang gurih, pedas, manis, hingga asam, Indonesia memiliki segala macam cita rasa yang siap memanjakan lidah Anda.

Selamat menikmati!

Bagikan:

Ads - After Post Image

Tags

Avatar photo

Niki Thalia

Niki Thalia memiliki latar belakang di bidang jurnalisme dan desain grafis, yang memberinya keunggulan dalam menginterpretasikan tren dan menerjemahkannya menjadi konten visual yang menarik.