Analisa Usaha Keripik Buah Nangka, Wajib Anda Ketahui!

Niki Thalia

analisa usaha keripik buah nangka

Ads - After Post Image

Anda pasti tau dengan buah Nangka? Buah yang memiliki rasa manis ini tak asing untuk dikenal. Buah nangka adalah salah satu jenis buah yang disukai banyak orang. Memiliki warna kuning segar dan berasa manis membuat nangka banyak diminati. 

Buah nangka dikenal kaya akan kandungan yang baik untuk tubuh seperti vitamin C, vitamin A, kasium, thiamin, zat besi, kalsium, dan masih banyak lagi. Dengan manfaat yang lebih terdapat buah nangka membuat buah ini sering diolah menjadi berbagai jenis makanan. 

Salah satu olahan buah nangka yang banyak diminati adalah keripik buah nangka. Keripik buah nangka adalah salah satu produk makanan ringan yang populer di Indonesia. Makanan ini memiliki rasa yang manis dan gurih, serta tekstur yang renyah. 

Keripik buah nangka juga memiliki kandungan yang baik bagi tubuh seperti vitamin, mineral, serat. Maka dari itu, usaha keripik buah nangka memiliki prospek yang cukup baik. Permintaan keripik buah nangka saat ini terus meningkat, baik dari pasar lokal maupun mancanegara. 

Anda tertarik dengan usaha keripik buah nangka? Untuk melakukan usaha keripik buah nangka Anda perlu untuk melakukan analisis untuk menghindari kerugian usaha. Berikut ini adalah beberapa analisis yang harus dilakukan.

analisa usaha keripik buah nangka

1. Analisa Pasar 

Pasar keripik buah nangka di Indonesia cukup besar. Konsumen keripik buah nangka tidak hanya kalangan anak-anak dan remaja, tetapi juga orang dewasa. Keripik buah nangka juga dapat dijadikan sebagai souvenir atau oleh-oleh. 

Di Indonesia pasar keripik buah nangka dapat dibagi menjadi dua, yaitu pasar ekspor dan pasar lokal. Apa itu pasar ekspor? Pasar ekspor adalah pasar di luar negeri. Sedangkan pasar lokal meliputi pasar di Indonesia. 

Peluang pasar lokal keripik buah nangka di Indonesia cukup besar. Hal ini didukung oleh meningkatnya permintaan keripik buah nangka dari berbagai kalangan. Permintaan keripik buah nangka di pasar lokal didominasi oleh kalangan anak-anak dan remaja. 

Jadi pasar lokal lebih besar peluangnya daripada pasar ekspor?Walaupun peluang pasar di Indonesia besar, pasar ekspor juga tak kalah besar. Hal ini didukung oleh meningkatnya permintaan keripik buah nangka dari berbagai negara di dunia. 

2. Analisa Bahan Baku

Bahan baku utama keripik buah nangka adalah nangka. Buah nangka dapat diperoleh dengan mudah di Indonesia. Harga buah nangka juga relatif terjangkau.

Dalam proses pembuatan keripik buah nangka, bahan baku lain yang dibutuhkan adalah Minyak goreng, garam, dan gula pasir. Bahan baku ini juga relatif mudah diperoleh dan harganya juga masih terjangkau. 

Usaha keripik buah nangka ini membutuhkan modal yang tidak terlalu banyak, masih ada pilihan lain untuk menghemat pengeluaran seperti menggunakan mesin vacuum frying untuk menghemat minyak goreng. 

3. Analisa Proses Produksi 

Proses produksi keripik buah nangka terdiri dari beberapa tahap, diantaranya sebagai berikut: 

a. Pemilihan buah nangka

Buah nangka yang digunakan untuk membuat keripik buah nangka harus dengan kualitas yang baik. Ciri-ciri buah nangka yang berkualitas adalah: 

  • Menggunakan buah nangka yang sudah matang 
  • Buah nangka yang tidak berlubang
  • Tidak busuk

b. Pencucian  Buah Nangka 

Buah nangka yang sudah dipilih kemudian dicuci bersih menggunakan air mengalir. 

c. Pengupasan kulit buah nangka 

Kulit buah nangka kemudian dikupas menggunakan pisau. 

d. Pengirisan buah nangka 

Buah nangka yang sudah dikupas kemudian diiris menjadi beberapa bagian dengan tipis.

e. Perendaman buah nangka 

Setelah buah nangka sudah diiris kemudian direndam dalam larutan gula pasir dan garang kurang lebih selama 1 jam. 

f. Penggorengan buah nangka 

Buah nangka yang sudah direndam kemudian digoreng dengan minyak goreng yang panas. Untuk membuat keripik buah nangka yang renyah dan sehat, Anda dapat menggunakan mesin vacuum frying. 

Mesin vacuum frying adalah mesin penggorengan yang menggunakan metode penggorengan tanpa minyak. Dengan menggunakan mesin vacuum frying, keripik buah nangka akan lebih sehat dan renyah karena tidak mengandung minyak. 

g. Pengemasan keripik buah nangka

Keripik buah nangka yang sudah matang dikemas dalam kemasan yang menarik. 

4. Analisa Harga Jual 

Harga jual keripik buah nangka dapat ditentukan dengan mempertimbangkan beberapa faktor, yaitu: 

  • Biaya produksi
  • Harga jual produksi sejenis di pasaran 
  • Kualitas produk

Harga jual keripik buah nangka di pasaran bervariasi, mulai dari Rp20.000 hingga Rp30.000 per kilogram. 

5. Analisa Keuntungan 

Keuntungan usaha keripik buah nangka dapat dihitung dengan rumus berikut:

Keuntungan = (Harga Jual – Biaya produksi) x Jumlah Produksi 

Misalnya, jika harga jual keripik buah nangka Anda Rp25.000 per kilogram, biaya produksi sebesar 100 kilogram, maka keuntungan usaha keripik buah nangka adalah 

Keuntungan = (25.000 – 15.000) x 100 = Rp1.000.000

Dari perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa usaha keripik buah nangka memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Usaha ini memiliki untuk menghasilkan keuntungan yang besar. 

6. Analisa Resiko 

Setiap usaha pasti memiliki resikonya masing-masing, resiko usaha keripik buah nangka dapat berasal dari beberapa faktor, yaitu: 

  • Fakultas harga bahan baku
  • Persaingan usaha
  • Perubahan selera konsumen

Untuk meminimalkan risiko usaha keripik buah nangka, Anda perlu melakukan perencanaan yang benar-benar matang dan penerapan strategi yang tepat. 

Bagikan:

Ads - After Post Image

Tags

Avatar photo

Niki Thalia

Niki Thalia memiliki latar belakang di bidang jurnalisme dan desain grafis, yang memberinya keunggulan dalam menginterpretasikan tren dan menerjemahkannya menjadi konten visual yang menarik.